Rabu, 08 Juli 2015

RPP MICRO TEACHING






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MIKRO
(MICRO TEACHING)
Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 2
Dosen Pengampu : Drs. Suhito, M.Pd





Disusun Oleh:
Meis Dania Nila Rosyida                  (4101412202)



JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015

-------------------------------------------------------------------------------


RENCANA PEMBELAJARAN MICRO TEACHING
MEMIMPIN DISKUSI KELOMPOK KECIL



Bidang Studi                           : Matematika
Pokok Bahasan                       : Statistika
Sub Pokok Bahasan                : Penyajian data
Kelas/ semester                       : XI SMA / dua
Waktu                                     : 15 Menit

I.                   Kompetensi Dasar
Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata.

II.                Indikator
Siswa dapat mengolah dan menyakikan data statistik kedalam tabel distribusi dan histogram.

III.             Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan bantuan diskusi kelompok, siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait pengolahan dan penyajian data.

IV.             Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
2.      Guru membagi siswa kedalam kelompok kecil yang terdiri dari 2 atau 3 siswa.
3.      Guru merumuskan tujuan dan topik diskusi. “Anak-anak, tadi kita telah membahas mengenai Pengolahan dan penyajian data statistik kedalam tabel distribusi, sekarang kita akan mendiskusikan secara kelompok tentang pembahasan kali ini.”
4.      Guru membagikan kartu soal berbasis masalah kepada masing-masing kelompok dan  menjelaskan petunjuk soal kepada siswa sebelum siswa mendiskusikan soal berbasis masalah tersebut.
5.      Guru meminta siswa untuk mengerjakan kartu soal berbasis masalah tersebut secara berkelompok.
6.      Guru menganalisis pendapat siswa yang berbeda-beda dengan meminta siswa menyampaikan alasan atas jawaaban yang diberikan.
7.      Guru melatih siswa untuk berfikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam diskusi.
8.      Guru sebagai pemimpin diskusi mengatur suasana diskusi agar para peserta diskusi dapat menyampaikan buah pikirannyya tanpa didominasi oleh beberapa peserta diskusi.
9.      Untuk menutup diskusi, guru membuat rangkuman dan simpulan serta mengemukakkan tindak lanjut dan menilai hasil diskusi tersebut.

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
-          Buku paket matematika SMA kelas XI.
-          Kartu soal berbasis masalah.

VI.             Penilaian
Dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung dalam proses diskusi.

VII.          A. Kemampuan Latihan Mengajar “Memimpin diskusi kelompok kecil”

B. Tujuan Latihan
      Guru melakukan kegiatan “memimpin diskusi kelompok kecil”

C. Tekhnik dan Instrumen Penilain
            1. Tekhnik pengamatan
2. Instrumen penilaian : Lembar pengamatan.

                                                                          Semarang,.........................
                                                                          Calon Guru Mapel



                                                                           Meis Dania Nila Rosyida
                                                                           NIM. 4101412202





                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar