Senin, 11 Mei 2015

Puri Maerokoco, TMII-nya Jawa Tengah yang Luput dari Perhatian Publik


Kalau anda dan keluarga saat ini sedang merencanakan berlibur untuk mengisi akhir pekan, maka anda bisa memilih  kota Semarang untuk menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Karena dikota Atlas yang merupakan ibu kota dari Jawa Tengah ini terdapat berbagai macam kawasan wisata menarik yang bisa anda kunjungi.  
Semarang, Kota atlas yang menawarkan segala hal yang menarik. Banyak banguan tua dan bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dikota ini.  Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan jika berkunjung dikota ini, mulai dari mengunjungi tempat wisata religi, wisata budaya, wisata edukasi, hingga  berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah, serta berwisata kuliner khas Semarang yang tak kalah menarik. Objek wisata yang ada di Semarang sangatlah beragam dan unik seperti  Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, Tugu Muda, Kota lama, Sampokong, Goa Kreo, dan Obyek Wisata Alam disekitar Ungaran. Sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata yang ada di Semarang. Namun, yang terlalu mendapat perhatian lebih dari wisatawan dan pemerintah hanyalah obyek-obyek wisata yang telah saya sebutkan diatas.  Padahal kalau mau kita telusuri, masih banyak tempat wisata yang ada di Semarang. Namun, karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah maka tempat-tempat wisata yang seharusnya sangat menarik, untuk memberikan efek refresh kepada otak maupun untuk menambah wawasan edukasi alhasil wisata yang dikenal di Semarang hanya yang itu-itu saja. Misalnya saja, Puri Maerakaca yang sering disebut-sebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Tampaknya Puri Maerakaca kurang mendapat perhatian publik dewasa ini, salah satunya karena kurangnya sosialisai pemerintah terkait berbagai macam destinasi pariwisata yanga ada di Jawa Tengah beserta kurangnya minat wisatawan terhadap wisata budaya. Maka, saya tertarik dan tergerak hati untuk menuliskan artikel mengenai puri maerakaca. Artikel ini saya buat atas dasar keinginan pribadi saya untuk mengembangkan kemampuan menulis saya dan untuk membantu pemerintah setempat untuk mensosialisasikan salah satu tempat wisata budaya yang ada di Jawa Tengah agar nantinya program pemerintah visit Jateng dapat terealisasi dengan baik.
Proses pembuatan artikel ini saya kerjakan dalam jangka beberapa hari semenjak saya berkunjung ke tempat wisata unik ini. Dalam penulisan artikel ini, saya mengambil berbagai referensi seperti artikel-artikel online yang mempunyai korelasi dengan topik pembahasan saya beserta datang ketempat langsung untuk mengambil gambar dan mewawancarai pengelola, karyawan bahkan penduduk asli yang  menempati Puri Maerakaca. Akhirnya, Selamat Membaca! Dan Semoga anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini. 

---------------------------------------***--------------------------------------


Tampak Depan Puri Maerakaca

Kalau ingin berkeliling Indonesia tetapi tidak ada biaya yang berlebih maka kunjungilah TMII (Taman Mini Indonesia Indah) di Jakarta. Sedangkan kalau anda ingin berkeliling Jawa Tengah namun tidak mempunyai banyak waktu dan biaya lebih, anda bisa menjadikan Puri Maerokoco TMII-nya Jawa Tengah untuk menjadi salah satu alternatif rekreasi bersama keluarga. Begitulah kiranya awalan untuk membuka artikel kali ini.
Bagi anda yang ingin lebih mengetahui seluk beluk  Jawa Tengah serta mengetahui adat istiadat  serta makanan khas, tarian, dan berbagai macam hal lainnya yang ada di Provinsi ini, maka anda bisa datang saja ke Puri Maerokoco. Puri Maerokoco adalah sebuah wisata yang menggambarkan Replika dari Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya Jakarta saja yang memiliki taman mini yang isinya berbagai macam anjungan provinsi yang ada di Indonesia, namun di Semarang juga  terdapat Taman Mini yang didalamnya terdapat berbagai macam anjungan daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah.
 Puri Maerokoco yang biasanya disebut dengan Taman Mini Jawa Tengah adalah sebuah obyek wisata edukasi dan budaya yang memperkenalkan 35 kabupaten beserta ciri khas dari kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah melalui media anjungan, miniatur, makanan khas, beserta produk khas yang berasal dari masing-masing kabupaten. Puri Maerokoco terletak di Jl. Yos Sudarso, Komplek Tawang Mas, Semarang Barat, Jawa Tengah. Lokasi wisata ini berada kurang lebih 5 km dari Tugumuda Semarang yang disebut-sebut sebagai simbol kota Semarang.  Selain dekat dengan Tugumuda Semarang, lokasi wisata ini berada dalam satu komplek dengan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Pintu masuknya berada di sebelah kanan PRPP dan berada di antara PRPP dan Kampung Laut.
Didalam Puri Maerokoco terdapat  berbagai macam rumah adat, yang biasanya disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Didalam anjungan tersebut digelar berbagai macam hasil industri dan kerajinan yang diproduski oleh masing-masing daerah. Selain menampilkan rumah– rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi lain seperti, sepeda air, perahu, dan juga kereta bagi pengunjung. Puri Maerokoco dibuka untuk umum  setiap hari dari pukul 08.00 wib sampai 18.00 wib. Tiket untuk masuk ke Puri Maerokoco pun cukup murah, hanya dengan membayar Rp.7.000,- per orang untuk hari biasa dan Rp.8.000,- per orang untuk hari libur, kita sudah bisa masuk dengan bebas dan menikmati pesona Jawa Tengah dalam skala mini ini.



Tiket Masuk Puri Maerokoco pada hari biasa

Sejarah 
Tugu Peresmian Puri Maerokoco
         Nama Puri Maerokoco diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata yang menceritakan tentang keinginan salah seorang dewi untuk memiliki seribu bangunan hanya dalam waktu satu malam. “Taman Mini Jawa Tengah” didirikan pada tahun 1988-1993 ketika masa kepemerintahan Gubernur Ismail dan diresmikan pada tanggal 31 Juli 1993 oleh Presiden Soeharto. Puri Mareokoco merupakan perwujudan dari miniature Provinsi Jawa Tengah yang diwujudkan dengan pulau yang merupakan gambaran miniatur Provinsi Jawa Tengah yang dibatasi oleh laut jawa dan Samudra Indonesia serta  berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.  Puri Maerokoco berada satu kompleks dengan PRPP dan terletak 3 km dari bandara Achmad Yani ke timur atau di jalan lingkar utara kota semarang. Miniatur ini menempati areal seluas 45.62 ha termasuk PRPP, Area parkir, Puri Maerokoco, dan taman rekreasi.  Puri Maerokoco merupakan obyek wisata dibawah naungangan Manajement PRPP. Didalam tempat wisata ini terdiri dari anjungan-anjungan dari 35 daerah kabupaten/ kotamadya dati II se-Jateng, dengan desain bercirikan arsitektur khas Jawa Tengah, dan disetiap anjungannya kita dapat memperoleh informasi apapun mengenai daerah tersebut langsung dari warga asli yang berdomisili di anjungan masing-masing daerah itu. Puri Maerokoco ini dibangun untuk memperkenalkan budaya-budaya serta produk-produk yang berasal dari 35 Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Diluar anjungan terdapat jalan selebar 6 m yang bisa digunakan untuk kereta mini dan kendaraan pribadi. Obyek wisata ini ditujukan untuk keluarga dan anak-anak (menurut pengelola Puri Maerokoco) dan dapat dijangkau melalui kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

        Pada masa awal berdirinya Puri Maerakaca antusiasme pengunjung sangatlah terlihat, namun  semenjak beberapa tahun terakhir pengunjung Puri Maerakaca sangatlah menurun bahkan obyek wisata ini terkesan mati suri. Hal ini terlihat dari beberapa warga  Jawa tengah bahkan warga asli Semarang yang tak mengetahui keberadaanya. Sepinya pengunjung konon dikarenakan kurangnya perhatian pengelola dan pemerintah setempat terhadap obyek wisata ini. Tempat wisata ini sering sekali tergenang rob dan kurangnya perawatan dari beberapa anjungan sehingga tempat wisata ini terkesan kumuh. Mungkin hal ini adalah salah satu faktor yang membuat kapok pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata ini.

      Namun, pada tahun 2015 ini animo pengunjung mulai terlihat kembali. Perlahan tapi pasti pengelola mulai memperkenalkan kembali obyek wisata ini melalui sosialisai ke beberapa Sekolah seperti TK (Taman kanak-kanak) dan SD (Sekolah Dasar). TK dan SD menjadi sasaran utama lantaran Obyek Wisata ini dapat dijadikan sebagai wisata edukasi dan sekaligus wisata budaya sebagi bahan Pembelajaran diluar kelas.
Kini perbaikan dan renovasi sudah mulai dilakukan, Rob sudah jarang menggenangi Puri Maerokoco karena telah diadakan peninggian pada beberapa anjungan. Dan kini, sudah mulai banyak fotografer yang melakukan pemotretan, bahkan biasanya juga digunakan untuk foto praweding. Biasanya anjungan yang paling diminati untuk dijadikan obyek pemotretan adalah Anjungan Kudus, Jepara, Wonosobo, Banjarnegara, Cilacap, Banyumas, dan Rembang.



Rute Menuju Puri Maerakaca:

Dari Tugu Muda Semarang ke barat arah Mangkang/ Kalibanteng/ Bandara Ahmad Yani, sampai pertigaan PRPP belok kanan ke arah PRPP, lurus terus sampai ada Indomaret di kiri jalan, selanjutnya  lurus terus ke arah PRPP, ada lampu merah masih lurus, ada bunderan masih lurus mentok PRPP belok ke kiri sedikit,  sebelum Kampung Laut di kanan jalan ada Taman Maerokoco. Mungkin kalau tidak jeli tidak akan kelihatan karena tidak adanya penanda Puri Maerakaca, karena yang ada adalah penanda Kampung Laut, maka akan saya sematkan gambar penanda Kampung Laut.
 
Penanda Kampung Laut, Maerakaca berada disebelahnya persis


Peta / Bagian- Bagian Puri Maerakaca:
 
Gambar diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Puri_Maerokoco


PETA Puri Maerakaca yang terpampang disebelah pintu utama


Rumah Adat / Anjungan  
          1. Anjungan Kabupaten Banjarnegara 

Banjarnegara terkenal akan Dawet Ayu
         2. Anjungan Kabupaten Banyumas




         3. Anjungan Kabupaten Batang



         4. Anjungan Kabupaten Boyolali

         5. Anjungan Kabupaten Blora

         6. Anjungan Kabupaten Brebes

Kabupaten penghasil bawang terbanyak di Jateng
         7. Anjungan Kabupaten Cilacap
Benteng Pendem Kabupaten Cilacap
         8. Anjungan Kabupaten Demak

Demak kota wali
         9. Anjungan Kabupaten Grobogan

    
        10. Anjungan Kabupaten Temanggung


Kondisi Anjungan Kabupaten Temanggung setelah kebakaran
        11. Anjungan Kabupaten Jepara

Jepara Kota ukir
        12. Anjungan Kabupaten Kebumen


        13. Anjungan Kabupaten Kendal

      
      14. Anjungan Kabupaten Klaten



        15. Anjungan Kabupaten Kudus 

Kudus Kota Kretek

        16. Anjungan Kabupaten Magelang


        17. Anjungan Kabupaten Pati 

Pati Bumi Mina Tani
      
      18. Anjungan Kabupaten Pekalongan
Pendopo Kabupaten Pekalongan


        19. Anjungan Kabupaten Pemalang

       
     20. Anjungan Kabupaten Purbalingga

       
   21. Anjungan Kabupaten Purworejo

Bedug Pandowo Purworejo
        22. Anjungan Kabupaten Rembang
 
Rembang kota Nelayan
        23. Anjungan Kabupaten Semarang

Kondisi sedikit kerusakan Anjungan Kota Semarang
        24. Anjungan Kabupaten Sragen

Sragen terkenal akan Museum Sangiran

        25. Anjungan Kabupaten Sukoharjo

      
        26. Anjungan Kabupaten Tegal



        27. Anjungan Kabupaten Karanganyar


        28. Anjungan Kabupaten Wonogiri
              No image.
              (Diantara ke- 35 Anjungan, saya tidak menemui Kabupaten Wonogiri. Alhasil tak ada    
               dokumentasi di Kabupaten Wonogiri) .

        29. Anjungan Kabupaten Wonosobo

       
        30. Anjungan Kota Magelang


        31. Anjungan Kota Pekalongan


        32. Anjungan Kota Salatiga

       
        33. Anjungan Kota Semarang

        34. Anjungan Kota Surakarta


       
     35. Anjungan Kota Tegal
        

Miniatur
Puri Maerokoco terdapat beberapa miniatur peninggalan bersejarah yang ada di Provinsi Jawa Tengah, antara lain:
  1. Miniatur Candi Borobudur Magelang

 
 
     2. Miniatur Masjid Agung Demak

    3. Miniatur Masjid Mantingan Jepara


   4. Miniatur Tugu Muda Semarang




Fasilitas

Selain berbagai macam miniatur rumah adat se-Jateng, didalam Puri Maerokoco juga terdapat beberapa fasilitas pendukung, yaitu:



      1. Mushola / Masjid
 
Masjid Demak
      2.  MCK

Kamar Mandi Kabupaten Kudus

     3. Tempat Sampah
     4.  Smoking Area
     5.  Pos Informasi dan Pos Keamanan

       6. Warung Makan
           Meski kurang mendapat perhatian publik dan kurang terawat di beberapa titik anjungan namun saya tetap merekomendasikan obyek wisata ini untuk anda yang ingin mengetahui seluk beluk Provinsi Jawa Tengah. Yang saya pribadi harapkan adalah kelak nantinya Puri Maerokoco menjadi primadona wisata yang ada di Semarang bahkan menjadi aset utama wisata Jawa Tengah. Agar, agenda dari disbudpar seperti Visit Jateng dapat terwujud melalui banyaknya pengunjung yang ada di Puri Maerokoco. Dan Semoga dengan adanya artikel ini dapat sedikit membantu mensosialisasikan salah satu obyek wisata yang menurut saya adalah mutiara-nya Jawa Tengah. []



Referensi

4.      http://wikipedia.com
5.      Wawancara dan Kunjungan Langsung
6.      Dan berbagai sumber yang relevan.


Diselesaikan di Semarang, 11 Mei 2015
Ditulis dikamar PP. Assabiila



Tidak ada komentar:

Posting Komentar