Senin, 09 Maret 2015

Selayang Pandang PKPT IPNU-IPPNU UNNES


 
PKPT IPNU-IPPNU UNNES (Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama- Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Universitas Negeri Semarang) merupakan salah satu organisasi extrakampus yang berada dilingkungan Universitas Negeri Semarang yang telah berdiri selama tigabelas tahun. Organisasi ini didirikan oleh para kader Nahdhiyin yang kala itu menginginkan mengumpulkan mahasiswa NU dan melestarikan tradisi NU yang dibawa sejak dikampung untuk disebarkan dilingkungan Unnes karena pada waktu itu organisasi PMII secara struktural telah melepaskan diri dari naungan NU yang mana artinya secara struktural tak ada organisasi banom NU yang berada pada tataran kampus.
PKPT IPNU IPPNU UNNES terdiri dari:

A.    PH (Pengurus Harian)
IPNU: Ketua
            Wakil Ketua
            Sekretaris 1
            Sekretaris 2
            Bendahara 1
            Bendahara 2
IPPNU : Ketua
            Wakil Ketua
            Sekretaris 1
            Sekretaris 2
            Bendahara 1
            Bendahara 2
B.     Departemen yang terdiri dari:
1.                   Departemen A (Pengembangan Organisasi)
Merupakan Departemen yang bertugas dibidang Peningkatan softskill dan hardskill bagi pengurus secara internal agar organisasi ini tetap stabil dan semakin berkembang kearah yang positif. Selain meningkatkan kinerja para pengurus departemen ini berfungsi untuk menjaga keutuhan dan kesolidan semua pengurus.

2.                   Departemen B (Pendidikan dan Kaderisasi)
Departemen yang bertugas dalam bidang pencerdasan dan pengkaderan. Dalam Kesehariannya Organisasi IPNU IPPNU merupakan organisasi yang mempunyai alur pengkaderan yang sangat terstruktur mulai dari bawah hingga keatas seperti : Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) , Lakmud (Latihan Kader Muda), Lakut (Latihan Kader Utama), dilanjutkan Latfas (Latihan Fasilitator). Kesemuanya harus dilakukan secara bertahap dengan setiap jenjang mempunyai tingkat kesulitan dan kesesuaian tertentu. Namun dalam ranah Komisariat Perguruan Tinggi hanya diperkenankan menyelenggarakan Program Pengkaderan hingga tahapan Lakmud (Latihan Kader Muda).

3.                   Departemen C (Da’wah dan Advokasi)
Da'wah dan Advokasi merupakan dua kata yang sangat bermakna dan berkesinambungan. Dalam KBBI Da'wah artinya penyiaran agama dan pengembangannya dikalangan masyarakat serta seruan untuk memeluk, mempelajari dan mengamalkan ajaran agama. sedangkan Advokasi merupakan salah satu bentuk komunikasi persuasif, yang bertujuan untuk mempengaruhi pemangku kepentingan dalam pengambilan kebijakan atau keputusan. Jadi Departemen Advokasi dan Da'wah adalah sebuah departemen yang bergerak dibidang Syiar agama islam serta departemen yang bergerak dibidang pembelaan dan perjuangan dan pengaruh kebijakan. Departemen ini merupakan salah satu departemen yang penting karena tugas dari adanya organisasi IPNU IPPNU tak lain dan tak bukan adalah semata-mata untuk mensyiarkan agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin ala rosulullah.

4.                   Departemen D (Bakat dan Minat)

Suatu departemen yang mewadahi dan memfasilitasi minat dan bakat para pengurus dan anggota IPNU IPPNU UNNES. Dengan adanya departemen ini harapanya minat dan bakat para pengurus maupun anggota IPNU IPPNU dapat tersalurkan.

5.                   Departemen E ( Sosial dan Hubungan  Kemasyarakatan)
          Departemen yang menempati posisi urutan terakhir ini bertugas menjaga keharmonisan hubungan organisasi IPNU-IPPNU UNNES dengan intra kampus, ektrakampus, birokrat kampus maupun masyarakat sekitar unnes. Program-program Kerja yang dilaksanakan oleh departemen ini tak lain dan tak bukan berisi nilai-nilai sosial dan kemasyarakatan guna untuk menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.  



C.     PKPT IPNU IPPNU UNNES mempunyai tiga lembaga 

1.         Lembaga Pers dan Jurnalistik
Pencitraan Media, ya itulah salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap organisasi. Lembaga Pers dan Jurnalistik mempunyai perana  yang sangat penting dalam hal pencitraan organisasi IPNU IPPNU. Lembaga ini akan mengelola web, facebook,dan twitter IPNU IPPNU Unnes. Lembaga ini juga yang akan mengeluarkan media cetak setiap bulannya. Media cetak ini berupa buletin yang dinamai dengan “Kholish”.
2.         Lembaga CBP dan KPP
Lembaga ini sering disebut-sebut sebagai BANSERnya IPNU IPPNU karena lembaga ini bertugas dalam pengawalan segala bentuk kegiatan. Acara yang pernah berlangsung dibawah lembaga CBP dan KPP adalah Pelatihan Pertolongan Pertama padakecelakaan ringan.
3.         Lembaga Ekonomi
Lembaga yang bertugas mencari dana untuk keberlangsungan hidup organisasi ini. Biasanya Lembaga Ekonomi akan menggunakan ide-ide kreatifnya melalui jualan, penyebaran proposal kerjasama dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar