Goa Seplawan ; " Pesona Wisata Alam Purworejo yang Menawan"

Welcome to Purworejo gengs. 

Well, kali ini saya akan membagikan pengalaman ngetrip  saya beberapa bulan yang lalu di Kota Purworejo Jawa Tengah. Namun saya akan lebih mengulas dan membagikan pengalaman jalan-jalan saya di Goa Seplawan. Penasaran kaya apa serunya dan asiknya ngetrip di Purworejo Jawa Tengah? Yuk engga usah pake lama langsung aja kita baca artikel ini sampai abis. :D

Alun-alun Kabupaten Purworejo

Purworejo adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo, Magelang, Kebumen dan Kulon Progo Yogyakarta. Kabupaten ini terkenal akan bedug raksasanya yang sudah sangat tua berada di alun-alun kota Purworejo, dan Kabupaten yang terkenal akan kambing Etawanya dengan lokasi produksinya berpusat di Kecamatan  Kaligesing. Kabupaten ini juga sangat terkenal akan aktivitas pertaniannya, karena mayoritas penghasilan penduduk disokong oleh produktivitas pertanian.

Purworejo yang secara geografis terletak didataran tinggi membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata oleh wisatawan domestik maupun wisatawan lokal. Banyak sekali tawaran pariwisata yang dijanjikan oleh kabupaten ini. Namun, kebanyakan adalah wisata alam. Tentu ini sudah menjadi barang lumrah karena letak geografis dari Kabupaten Purworejo. Lokasi-lokasi tempat wisata yang berada di kabupaten Purworejo diantaranya adalah Pantai Ketawang, Pantai Jati malang yang didukung oleh beberapa goa diantaranya goa jatisono, Air terjun curug muncar, dan masih banyak lagi lokasi-lokasi wisata lainnya. Namun, saya akan membagikan pengalaman saya bukan ditempat wisata yang telah saya sebutkan diatas melainkan lokasi wisata di Goa Seplawan, yang masih jarang sekali wisatawan yang mengetahui keberadaannya.

 Goa Seplawan

Goa Seplawan terletak  di  pegunungan menoreh yang membentang dari kecamatan Bagelen Purworejo hingga kabupaten Magelang tepatnya di desa donorejo, kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Lokasi Pegunungan Menoreh ini juga berdekatan dengan Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta. Sebenarnya Goa Seplawana bukanlah satu-satunya goa yang berada di Pegunungan Menoreh. Masih banyak lagi goa-goa lain dan wahana wisata alam lain. 

Sejarah Goa Seplawan

Menurut juru kunci Goa Seplawan, Goa ini diresmikan dan dibuka pada tahun 1979. Asal muasal ditemukannya Goa Seplawan adalah ketika pada tahun 1979, Goa Kiskendo yang asal mulanya milik Purworejo diambil alih kepemilikannya oleh Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta karena secara geografis sebagian besar tubuh goa berada di daerah kulon progo.  Setelah Goa Kiskendo dimiliki oleh Kabupaten Kulon progo Bupati Purworejo pada saat itu Bapak H. Soepanto mengadakan rapat dengan kepala-kepala desa yang berada dikecamatan kaligesing khususnya desa yang berbatasan dengan kecamatan Kulon progo. Akhirnya Bapak Bupati meminta warga didesa donorejo dan Tlogoguwo untuk meneliti goa-goanya yang sekiranya berpotensi untuk dijadikan obyek wisata.

Permintaan bapak Bupati ini mendapat respon yang baik dari penduduk setempat akhirnya pada awal bulan agustus 1979 Kepala Desa Tlogoguwo melaporkan kepada bapak bupati bahwa ada dua goa yang berpotensi menjadi obyek wisata yaitu Goa Anjani dan Goa Semar. Setelah diteliti ulang oleh pihak Dinas Pariwisata setempat akhirnya pada HUT RI ke-34 diresmikanlah dua goa tersebut. Setelah usai mengadakan peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-34 salah satu warga melaporkan kepada bapak kepala desa setempat bahwa "Goa Seplawan" juga berpotensi menjadi Obyek Wisata. Bahkan Goa Seplawan jauh lebih bagus dan indah dari pada goa-goa yang telah ditemukan sebelumnya. Lalu sang warga tersebut memberitahukan penemuannya ke Bupati. Karena pada saat itu pemilik kendaraan belum banyak akhirnya warga tersebut berjalan dari desa donorejo ke kantor bupati purworejo yang letaknya kebetulan dipusat kota.

Nama "Goa Seplawan" diambil dari banyak kelelawarnya (kelelawar = Lowo / lawa R. Jawa) yang ada didalam goa pada saat itu. Namun kalian tidak usah khawatir karena sekarang sepertinya sudah sangat sedikit bahkan sepertinya tidak ada kelelawar mengingat Goa ini telah diajadikan obyek wisata. Goa Seplawan berada diketinggian 900 mdpl membuat lokasi disekitar goa sejuk dan sangat cocok sekali untuk merefresh otak ditengah sibuk dan padatnya aktivitas kita.

Memasuki kawasan wisata Goa Seplawan, hawa sejuk begitu terasa disini.  Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja. Sebelum memasuki goa seplawan, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dulu, Sekitar tahun 1979 bersamaan ditemukannya goa Seplawan kala itu ditemukan pula patung emas dan berdasarkan identifikasi ahli sejarah waktu itu merupakan patung Dewa Siwa dan Parwati. Saat ini patung tersebut disimpan di museum Nasional Jakarta dan sebagai tanda ditemukan benda bersejarah maka dibuat patung replika. Dengan ditemukannya patung tersebut menandakan bahwa goa seplawan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Selain keindahan goa alam sendiri, pemandangan alam di kawasan juga sangat indah. Anda bisa melihat kota Jogja dari gardu pandang goa seplawan. Dari gardu Pandang bisa juga melihat waduk Sermo yang terletak di Kulonprogo. Bahkan jika naik kepuncak sisi kanan dari gardu Pandang, jika cuaca cerah  bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus yaituGunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk.

Pengunjung bisa datang kapan saja di goa ini. Untuk jam buka goa seplawan sendiri mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 17.00.  Goa seplawan biasanya ramai dikunjungi di hari sabtu atau minggu ataupun hari llibur atau musim liburan. Untuk tarif tiket masuk Goa Seplawan sangat murah yaitu sekitar Rp.3.000 rupiah dan tarif parkir Rp. 2000 . Sangat murah bukan?

Untuk Selusur goa seplawan bisa dilakukan oleh siapa saja karena sangat aman dan mudah tanpa peralatan khusus. Di dalam goa sudah tersedia lampu penerangan yang menerangi sepanjang jalur wisata goa seplawan.  Untuk menuju mulut goa harus melewati jalan paving yang melingkar dan menurun. Untuk menuju goa pengunjung harus menuruni tangga yang tersedia. Berada di mulut goa anda sudah merasakan keajaiban alam berupa stalaktit dan stalakmit yang beraneka ragam nan indah.

Berjalan beberapa meter pengunjung akan mendapati sebuah kolam dengan airnya yang jernih. Perjalanan tidak berhenti disini, karena ini baru awal. Untuk melanjutkan selusur goa seplawan, pengunjung harus naik tangga kecil dan masuk lorong goa yang bisa dilalui  satu orang saja. Namun setelah melewati lorong tersebut, pengunjung akan melihat keindahan goa seplawan. Pengunjung akan terkagum-kagum karena ternyata goa seplawan memiliki diameter yang besar dan memanjang sepanjang lebih dari 700 meter.

Goa seplawan ini memiliki jalur buntu, karena tidak ada tembusan ke titik tertentu. Jadi untuk keluar goa harus jalan balik dan keluar melalui pintu masuk. Goa ini memiliki cabang-cabang yang banyak, dan cabang-cabang tersebut tidak disediakan lampu penerangan karena beberapa jalur tersebut berupa goa vertikal dan ada juga yang berlumpur sehingga sering disebut istana lumpur. Untuk memasuki cabang goa tersebut harus membawa alat penerangan sendiri dan harus dengan pemandu.

 Lokasi Dan Rute Menuju Goa Seplawan

Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo berbatasan langsung dengan kabupaten Kulonprogo. Bila pengunjung dari arah kota Yogyakarta maka bisa mengambil rute ke arah Samigaluh melalui jalan Godean. Kemudian lurus ke arah Goa Kiskendo. Setelah sampai goa Kiskendo lihat papan petunjuk arah menuju Goa Seplawan / Purworejo. Maka anda cukup mengikuti jalan tersebut dan anda akan sampai di Goa Seplawan. Fasilitas goa seplawan sudah lumayan lengkap mulai dari area parkir, kamar mandi dan WC, Mushola dan tersedia warung-warung sehingga jika lapar setelah selusur goa bisa memesan makanan sembari menikmati keindahan dan kesejukan kawasan goa seplawan.

Berikut penulis sajikan beberapa foto saat penulis dan kawan penulis warga asli Purworejo berlibur dan menikmati keindahan Goa Seplawan.

Gardu Pandang Goa Seplawan



Gardu Pandang Goa Seplawan  



Foto dulu sebelum menyusuri anak tangga

 

Menyusuri anak tangga menuju ke dalam Goa Seplawan

Di dalam Goa Seplawan
Ornamen Goa Seplawan

 Saat sudah menyusuri Goa, saya dan teman saya tidak sempat mengambil gambar atau foto karena medan yang cukup susah karena keadaan didalam Goa yang cukup gelap dan banyak sekali genangan air, serta kami menjaga keselamatan diri kami karena jalan yang licin kami takut terpeleset dan terluka. 

Ternyata pemandangan di dalam Goa sangatlah indah, meskipun kami hanya diterangi oleh senter HP, kami melihat stalaktit dan stalakmit yang begitu menawan. 

Selain keindahan di dalam Goa, diluar Goa keindahan dari kawasan wisata Goa Sepalawan ini sangatlah patut diacungi jempol, pasalnya keindahan taman dan banyaknya bunga serta pepohonan menambah kesan asri kawasan wisata ini.

Pintu masuk dan sekaligus pintu keluar Goa
Taman yang mengelilingi Goa Seplawan
Replika Arca Emas

 





 



 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puri Maerokoco, TMII-nya Jawa Tengah yang Luput dari Perhatian Publik

PALUI DAN NGUNGU

DO'A